Powered by Blogger.

Tips Mencegah Kerusakan Rumah dari Banjir

Air hujan masuk ke dalam rumah akan dapat merusak furnitur di rumah . Selain itu air hujan juga bisa membuat udara dalam ruangan lembab , yang dapat menyebabkan perkembangan bakteri berbahaya di rumah . Upaya untuk mencegah masuknya air hujan ke dalam ruang hunian sangat penting .

Upaya yang dilakukan adalah memaksimalkan fungsi atap , saluran air pembuangan dan selokan

Hujan jatuh di atap harus disalurkan melalui pipa selokan . Untuk menghindari genangan air hujan di halaman, perlu dibuat dalam bentuk selokan saluran air terbuka dan cukup lebar sehingga dapat dibersihkan dengan mudah . Selanjutnya parit parit ini disalurkan langsung ke parit sekunder atau primer .

Perlu diingat bahwa ukuran saluran pembuangan atau saluran air hujan estimasi berdasarkan jumlah air hujan tidak bisa meresap ke dalam tanah . Semakin banyak tanah tertutup bangunan dan jalan-jalan , lebih besar dan banyak ukuran selokan yang akan dibuat .

Sehingga air hujan tidak masuk ke dalam rumah , permukaan tanah kebun harus lebih tinggi dari jalan . Selain membangun ketinggian lantai minimal 20 cm di atas permukaan tanah pekarangan tertinggi .

Untuk mencegah air hujan dan kelembaban tanah sampai ke lantai dan dinding , lantai dipasang di atas pasir setinggi 20 cm . Di bagian bawah dinding sampai ketinggian 20 cm di atas lantai bangunan harus dalam bentuk konstruksi dan plesteran dinding dengan pasangan kedap air yang terdiri dari campuran semen portland dan pasir di ratio1 : 2 .

Lokasi saluran pembuangan air hujan yang terletak tepat di samping dinding sering menyebabkan dinding menjadi basah karena rembesan air dari selokan . Untuk mencegah hal ini terjadi , bagian bawah parit sepanjang dinding harus dibuat dari pasangan pertemuan dan ditempeli dengan jenis bahan tahan air dari campuran pasir dan semen portland dengan rasio 1:2 .

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah bahwa kemiringan parit harus cukup besar untuk menghindari genangan air . Membuat kemiringan minimal 1:125 . Demikianlah artikel dan gambar foto tentang Tips Mencegah Kerusakan Rumah dari Banjir barangkali menjadi bahan ide segar untuk mempercantik rumah hunian anda, kami propertimodern.com juga sudah menyiapkan artikel menarik lainnya seperti Tips Membuat Kamar Tidur Kecil Tampak Lebih Luas semoga bermanfaat!
Share on :
Tips Mencegah Kerusakan Rumah dari Banjir
Tips Mencegah Kerusakan Rumah dari Banjir
Reviewed by tvizer
Published :
Rating : 4.5

No comments:

Post a Comment